Posted by: Admin | March 24, 2009

Ayam Goreng Fatmawati Jauh Lebih Enak

Sabtu, 21 Maret 2009 saya ngobrol dengan Pak Erang, peternak ayam sukses dari Bandung dalam sebuah forum di Belezza Permata Hijau. Sebagai supplier ayam ke beberapa restoran besar, tentunya pengalaman kuliner Pak Erang tidak perlu diragukan lagi. Beliau banyak cerita tentang beberapa restoran besar dengan menu utama ayam goreng atau ayam bakar. Sampai saat mulai membicarakan Ayam Goreng Fatmawati, beliau berkomentar “Masakannya jauh lebih enak dibandingkan dengan restoran “XX” (nama restoran ternama, disamarkan). Jadi Pak Johan (saya) jangan mengira hanya karena kasus poligami Pak YY restoran XX banyak yang tutup. Dari sisi rasa, Ayam Goreng Fatmawati jauh lebih enak dibandigkan XX, jadi wajar saja kalau mereka banyak yang tutup.
Saya tergaket mendengar pernyataan Pak Erang, bukan karena kami baru mengetahui atau sekedar ego bahwa rasa masakan Ayam Goreng Fatmawati lebih unggul dibandingkan masakan XX, namun ini menggambarkan bahwa lidah konsumen dapat memberikan penilaian yang sangat objektif.
Intinya adalah, dalam bisnis restoran, kepuasan pelanggan itu adalah yang utama. Mungkin Pak Erang tidak pernah menyampaikan kekecewaan yang dialaminya kepada management restoran XX, namun yang jelas, kabar tersebut sampai kepada saya yang bukan pihak internal restoran XX, bahkan mungkin saya adalah salah satu customer yang merasakan hal sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: