Posted by: Admin | February 24, 2010

Saluran Komunikasi untuk Customer

ShoutMix Chat

ShoutMix Chat

Komunikasi adalah hal terpenting dalam menjalankan bisnis franchise. Karena alasan bisnis pada umumnya hanya jadi pertimbangan awal calon franchisee dalam menilai kelayakan franchisor untuk menjadi partner bisnisnya. Setelah bergabung jadi franchisee dan merasa cocok dengan “sistem” kerja yang dijalankan franchisor, maka penilaian untuk mengembangkan jumlah outlet tidak lagi karena alasan keuntungan yang dijanjikan, tetapi lebih kepada cara franchisor dalam menjalin komunikasi dengan franchisee. Karena pada dasarnya franchising merupakan bisnis relationship.
Jika franchisee sebagai salah satu customer sudah pasti dapat berinteraksi langsung dengan franchisor setiap saat, maka ada customer lain yang kerap tidak diberikan akses langsung terhadap franchisor. Adalah customer langsung produk dan jasa yang ditawarkan di setiap store franchise yang mengalami kesulitan untuk menyampaikan seluhannya langsung kepada franchisor.
Di era web 2.0 ini, customer yang tidak puas dengan produk dan jasa mungkin saja tidak menyampaikan complain pada saat transaksi berlangsung di store bersangkutan, namun langsung buka handphone, akses facebook, twitter, kaskus atau media jejaring sosial lainnya untuk menyampaikan unek-unek-nya. Dampaknya hampir dapat dipastikan : lebih banyak orang yang mengetahui kekurangan kita tanpa bisa kita selesaikan dengan cepat, karena di jejaring sosial informasi menyebar dengan cepat. Sehingga informasi yang kita dapatkan akan sangat terlambat.
Sebagai franchisor yang peduli, PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia memberikan fasilitas bagi customernya untuk menyampaikan komentar-komentarnya melalui beberapa channel. Melaui telpon, fax, e-mail, facebook, blog ataupun yahoo messenger. Untuk mempermudah interaksi, website http://www.fatmawati.com mempunyai fasilitas YM!Chat yang memungkinkan bagi setiap pengunjung web untuk berinteraksi langsung dengan administrator web walaupun pengunjung web tersebut tidak mempunyai account yahoo!.
Tak ingin melewatkan informasi mengenai Ayam Goreng Fatmawati yang ditulis pengguna internet namun tidak melalui jalur yang telah disediakan, PT. AGFI dengan bantuan google.com mempunyai sistem alert manakala ada tulisan yang berkaitan dengan AGF yang ditemukan google.com. Langkah ini sangat berarti untuk mengetahui apa yang diharapkan konsumen dari AGF, termasuk komentar jujur dan tanpa diminta dari customer yang dituliskan secara sukarela di blog mereka.
Franchising, apalagi bisnis kuliner seperti Ayam Goreng Fatmawati memang harus terus membina komunikasi dengan konsumennya, supaya bisnis tetap bertahan dan terus berkembang.

Pesan Delivery by Chat

Pesan Delivery by Chat

Satus YM!

Satus YM!

YM! PingBox

YM! PingBox


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: