Posted by: Admin | October 29, 2010

Komunikasi dengan Pembeli untuk Meminta Masukan (Liputan Tabloid Info Kunliner)

Dalam setiap usaha makanan yang harus diperhatikan adalah rasa dari masakan tersebut. Rasa berkaitan dengan pemilihan bahan baku. Karena itu, harus menggunakan bahan baku dan bumbu yang segar. Tak ketinggalan proses pemasakan yang baik akan menghasilkan masakan yang enak dan berkualitas. Namun, jika aspek kualitas makanan itu sudah diperhatikan, tak ketinggalan yang menjadi bagian penting adalah bagaimana cara mempromosikan menu tersebut ke khalayak umum. Display makanan yang menarik dan tempat usaha yang bersih tentu akan membuat konsumen tertarik.

Promosi dapat dilakukan dengan banyak cara mulai dari yang sederhana yaitu menyebar brosur, memasang spanduk di lokasi usaha maupun yang mempunyai budget yang banyak bisa memasang iklan, baik di media cetak maupun media elektronik. Dan, bagi anda yang familiar dengan dunia maya, bisa mempromosikan melalui blog dan jejaring sosial sperti twitter dan facebook.

Selain berpromosi, langkah penting yang harus diperhatikan pelaku usaha adalah memberikan pelayanan yang baik dan makanan yang enak, sehingga memuaskan konsumen. Kepuasan konsumen ini bisa membuat konsumen melakukan pemasaran mouth by mouth yang tentunya sangat ampuh pengaruhnya. Anda juga perlu sering-sering mengajak konsumen berbincang mengenai makanan yang Anda jual dan mintalah khitik dan saran dari mereka. Dengan rajin berkomunikasi dengan konsumen, maka bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha anda.

Nah, karena usaha makanan, maka harus diperhatikan kemasan yang berkualitas baik. Gunakan kemasan makanan yang aman dan telah masuk dalam kategori food grade. Misalnya dus yang menggunakan kertas dupleks dan plastik mika. Tidak hanya itu, bentuk kemasan yang menarik menjadi nilai tambah. Serta jangan lupa untuk mencantumkan nama, logo dan alamat usaha anda. Satu hal penting yang harus menjadi perhatian adalah, jika usaha anda telah maju dan memiliki banyak cabang, jangan lupa untuk mengontrol kualitas makanan. Karena jika konsumen kecewa di salah satu cabang, maka akan membuat konsumen berpaling ke tempat lain. Nurfitriyanti.

Komunikasi dengan Pembeli untuk Meminta Masukan

Komunikasi dengan Pembeli untuk Meminta Masukan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: